Selasa, 17 Juni 2008

TIPS MENYELESAIKAN SPAM


1.      Misal Anda punya e-mail namaku@usahaku.com yang sudah dipenuhi spam. Buatlah e-mail baru dari Gmail, missal namaku@gmail.com

2.      Login ke webmail di e-mail lama. Jika Anda tidak tahu alamatnya, tanyakan kepada admin. Alamat webmail biasanya menggunakan format www.namadomain.com/webmail atau bisa juga http://mail.usahaku.com:3000/, alamat ini tergantung software yang dipakai.

3.      Di webmail itu, cari fasilitas "Forwarding", artinya Anda akan mengarahkan e-mail yang masuk ke alamat tertentu, isikan Gmail Anda, misal namaku@gmail.com

4.      Sekarang login ke Gmail. Jika Anda menginginkan e-mail yang Anda kirim ke orang lain tetap tertera tujuan e-mail lama namaku@usahaku.com, maka Gmail menyediakan layanan "Reply to address" yang bisa diisi dengan e-mail utama kita. Caranya dengan klik Settings, kemudian klik Accounts, kemudian klik "edit info".

5.      Dengan cara ini, walaupun kita mengirim e-mail dari Gmail, orang tetap membacanya e-mail itu datang dari namuku@usahaku..com . Khusus untuk e-mail dengan tujuan Yahoo, DomainKey Yahoo tetap mendeteksi kalau e-mail itu dikirim dari Gmail. Tetapi setidaknya e-mail kita aman karena semua e-mail tersimpan rapi di Gmail dan tak perlu dihapus. Jika ingin mencari arsip e-mail lama, tinggal searching di Gmail.

 

Sumber : AMIR SODIKIN / Kompas, Kamis 8 Mei 2008

Tidak ada komentar: